Teruntuk Sobat Baru SAA

Assalamualaikum War. Wab.

Teruntuk Mahasiswa Baru SAA,

Perkenankan kami menyapa kalian dengan sebutan “Sobat SAA”. Mengapa? karena kita semua adalah sahabat yang akan selalu bersama dalam setiap suka dan duka. Kita semua adalah kawan dalam ikatan yang melampaui batas senioritas, etnik, warna kulit, apalagi sekadar pangkat atau jabatan. Kita semua adalah kawan yang akan selalu bergandengan tangan dan melangkah bersama menyongsong masa depan.

Dear Sobat SAA,

Sejak hari ini, Sobat sekalian menapaki sebuah fase penting kehidupan; sebuah etape hidup yang harus Sobat lalui demi sampai pada satu titik tujuan. Yakinlah Sobat bahwa jalan itu adakalanya indah dan tanpa hambatan. Tapi ingatlah juga Sobat, adakalanya jalan itu terjal, penuh liku dan kerikil tajam yang siap menjegal langkah kaki Sobat. Apapun itu, persiapkan mental Sobat karena itu semua bagian dari petualangan hidup yang harus ditempuh. Hanya yang bermental kuat yang akan bertahan dan tidak mengeluh.

Dear Sobat SAA,

Ragam alasan dan motivasi pasti ada di balik keputusan Sobat memilih SAA. Sebagian mungkin sudah yakin dengan pilihan itu, sebagian lagi mungkin masih ragu atau bahkan merasa dipaksa keadaan. Itu adalah hal yang manusiawi karena kita tidak pernah tahu pasti apa yang membentang dalam kehidupan kita ke depan. Akan tetapi, sekali Sobat sudah membulatkan niat dan tekad, maka dekap erat-erat semua itu karena hidup tak pernah berpihak pada peragu. Nasib seorang peragu hanya akan berujung pada tragedi karena ia tidak tahu apa yang harus diperbuat di tengah terpaan badai hidup yang setiap saat siap menghantam.  Maka, yakinlah dengan pilihan kalian, Sobat!

Dear Sobat SAA,

Sobat mungkin bertanya-tanya bisa jadi apa nanti Sobat setelah lulus dari SAA. Jawabannya bisa jadi apa saja, bukan sekadar penyuluh agama, aktivis perdamaian atau guru bahkan dosen agama jika Sobat melangkah ke tahap lebih lanjut. Kami tidak bisa menjamin profesi macam apa yang bakal Sobat geluti kelak sebagaimana ragam kiprah alumni kita saat ini. Tidak ada yang bisa menjamin itu. Akan tetapi, yakinlah Sobat bahwa kami akan sepenuh hati membantu Sobat menemukan jati diri sebagai insan akademis, sosial maupun religius. Kami akan ajarkan Sobat cara berpikir kritis atau beragama tanpa harus merendahkan kelompok atau golongan lain. Kami akan ajak Sobat berjumpa dan belajar tradisi lain dan bersama-sama mereka menumbuhkan benih perdamaian. Itulah bekal yang harus dimiliki setiap orang, apapun profesi Sobat nanti; dan tahukah Sobat, dunia saat ini butuh banyak orang seperti itu.  Maka, langkahkan kaki dengan tegak, Sobat!

Dear Sobat SAA,

Jangan silau dengan nama atau jumlah besar karena semua itu bukan jaminan.  Jangan pula minder dan berkecil hati karena cibiran dan pandangan sebelah mata. Ingatlah kata pepatah, layang-layang terbang tinggi dengan cara melawan angin, bukan dengan mengikuti arah angin. Jumlah yang sedikit bukan sebuah kelemahan, malah sebuah keuntungan. Ingatlah kata Tere Leye, penulis tersohor itu: “auman singa bisa membuat seiisi hutan lengang, sedangkan gonggongan berpuluh-puluh anjing hanya membuat hutan berisik”. Maka, mengaumlah, Sobat!

Selamat Datang Sobat Baru SAA IAIN Kediri. Ayo, bersama kita bentangkan layar perjuangan. Sukses buat Sobat SAA semua.  

Wassalamu’alaikum War. Wab.

#BanggaSAA #SAAMantab

AdminSAA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *